Selasa, 14 Oktober 2014

Makna Kearifan Lokal dan Pentingnya




Yuk kita mengenal apa itu Kearifan Lokal dan perlunya hal itu..!
 Pengetahuan dan kearifan lokal adalah pengetahuan dan praktik-praktik yang dikuasai secara kolektif oleh masyarakat adat. Kearifan lokal ini dibentuk dari pengalaman dan kearifan para leluhur dan diperkuat oleh pengalaman terbaru (AIPP). Pengertian kearifan lokal dilihat dari kamus Inggris Indonesia terdiri dari 2 kata yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (local). Local berarti setempat dan wisdom sama dengan kebijaksanaan. Dengan kata lain maka local wisdom dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan, nilai-nilai-nilai, pandangan-pandangan setempat (lokal) yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya. Jadi kearifan lokal merujuk pada lokalitas dan komunitas tertentu.
Pada saat sekarang, karena ancaman dari proses modernisasi, kearifan lokal perlu dilestarikan. Masyarakat adat menyadari artinya perubahan iklim dan menurut mereka, perubahan iklim bukanlah fenomena baru. Masyarakat adat pernah menyesuaikan diri dengan perubahan iklim sebelumnya dan sekarang juga mulai mencari jalan keluar baru dan kreatif berdasarkan kearifan lokal mereka. Dalam beberapa situasi mereka juga mengkombinasikan teknologi baru dengan kearifan lokal mereka untuk mendapatkan jalan keluar yang menguntungkan (UNU).

4 komentar:

  1. artikel Anda jelas dan menarik untuk dibaca.
    namun, akan lebih menarik lagi bila informasi yang Anda berikan semakin dikembangkan :) apalagi dengan penggunaan bahasa Anda yang baik dan menarik.

    BalasHapus
  2. blogmu itu menurutku cukup bagus, bahkan simple untuk di baca

    BalasHapus
  3. Assalammualaikum windia
    menurut saya artikel yang anda publikasikan cukup jelas untuk dimengerti , nice windia :)

    BalasHapus
  4. artikel ini menarik buat di baca,bahkan terdapat gambar yang menarik juga. sehingga para pembacanya jadi tertarik

    BalasHapus